Thursday, January 15, 2015

Organisasi Dunia : AFTA (ASEAN Free Trade Area)

AFTA



Pengertian AFTA :
The ASEAN Free Trade Area (AFTA) adalah perjanjian blok perdagangan oleh Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara mendukung manufaktur lokal di semua negara ASEAN .
Perjanjian AFTA ditandatangani pada 28 Januari 1992 di Singapura . Ketika perjanjian AFTA awalnya ditandatangani , ASEAN memiliki enam anggota , yaitu Brunei , Indonesia , Malaysia , Filipina , Singapura dan Thailand . Vietnam bergabung pada tahun 1995 , Laos dan Myanmar pada tahun 1997 dan Kamboja pada tahun 1999 . AFTA sekarang terdiri dari sepuluh negara ASEAN . Semua empat pendatang baru diminta untuk menandatangani perjanjian AFTA untuk bergabung ASEAN , namun diberi kerangka waktu yang lebih lama di mana untuk memenuhi kewajiban penurunan tarif AFTA.
Tujuan utama dari AFTA berusaha untuk :
Meningkatkan daya saing ASEAN sebagai basis produksi dalam pasar dunia melalui penghapusan tarif dan hambatan non -tarif dan menarik lebih banyak investasi asing langsung ke ASEAN.
Mekanisme utama untuk mencapai tujuan tersebut adalah skema Common Effective Preferential Tariff, yang didirikan pada tahun 1992 dengan tujuan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif daerah sebagai basis produksi ditujukan untuk pasar dunia.
Categories: , ,

0 komentar:

Post a Comment